Dimusim Kemarau Hujan Es Tiba Di Aceh Tengah

Agen Casino

Dimusim Kemarau Hujan Es Tiba Di Aceh Tengah – Hujan es mengguyur lima desa di Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Pertanda langka ini berlangsung sewaktu beberapa wilayah lain terpantau titik api.

Butiran es kelihatan berjatuhan di muka rumah penduduk di Desa Paya Dedep, Paya Tungel, Jeget Ayu, Jagong Jeget, serta Bukit Kemuning di Kecamatan Jagong Jeget. Butirannya berantakan di jalanan, mobil, serta halaman rumah penduduk.

” Hujan es menyerang.menimpa lima itu tadi siang serta terjadi lebih kurang 10 menit, ” kata Kepala Pelaksana Tubuh Penanggulangan Petaka Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek terhadap wartawan, Minggu (7/7/2019) .

Selesai hujan mengguyur, faksi BPBD Aceh Tengah turun tangan melaksanakan pendaftaran pada rumah yg terserang hujan es. Sampai saat ini, belum ada laporan berkenaan ada tidaknya kehancuran gara-gara hujan itu.

Disamping itu, Kasi Data serta Kabar BMKG Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria Ahmad, mengemukakan, pertanda hujan es yg berlangsung tadi siang termasuk juga peristiwa yg berlainan dengan cuaca di Aceh. Soalnya, cuaca di beberapa wilayah lain sekarang begitu panas bahkan juga tampak titik panas di sebagian tempat.

” Perihal yg tidak sama ini memang jarang ada, namun bukan perihal yg tidak bisa berlangsung, ” kata Zakaria kala diminta konfirmasi.

Menurut dia, dalam musim kemarau peristiwa hujan es di satu lokasi serta munculnya titik panas di lokasi lain bukan perihal yg kemungkinannya kecil. Ini lantaran pada musim kemarau kerap berlangsung hujan lokal serta di lokasi lain panas terik.

” Hujan es kebanyakan berlangsung di satu wilayah yg begitu lokal serta dengan tempo yg singkat ialah kira-kira di antara 7 sampai 12 menit saja, ” jelas Zakaria.

Zakaria menjelaskan prasyarat berlangsung hujan es hampir mirip dengan prasyarat berlangsungnya angin puting beliung. Hal semacam itu saling berlangsung gara-gara ada awan Cumulonimbus (CB) sampai ke dua pertanda cuaca itu sulit dikirakan.

Agar dapat berlangsung hujan es, ucapnya, mesti ada awan CB dengan tinggi basic awan yg begitu dekat sama permukaan tanah. Tidak hanya itu, dibawah awan suhu udaranya begitu dingin.

” Karena itu awan CB sebagai kristal-kristal yg mulai jatuh jadi hujan gara-gara dorongan angin kencang dari awan CB tak pernah mencair lantaran dibawah permukaan awan pun dingin sampai butir-butir es itu jatuh ke permukaan tanah, ” katanya.

Zakaria menghimbau penduduk buat hati-hati serta cari perlindungan disaat tampak awan gelap.