Kekeringan Masih Melanda, Warga Bojonegoro Bikin Sumur Cublik

Agen Casino

Kekeringan Masih Melanda, Warga Bojonegoro Bikin Sumur Cublik – Sebab kekeringan masih menempa, beberapa masyarakat di Bojonegoro membuat sumur cublik. Sumur dangkal itu memercayakan serapan air dari sawah ataupun dari sungai.

Seperti sumur cublik yang dibikin masyarakat Desa Kedungbondo Kecamatan Balen, Bojonegoro. Sumur dangkal dengan dengan kedalaman satu mtr. itu dibikin di tepi sawah ataupun bantaran Sungai Bengawan Solo.

Masyarakat membuat sumur itu karena telah dua bulan paling akhir alami kesusahan memperoleh air bersih untuk keperluan seharian. Air dari sumur cublik mereka pakai untuk mandi serta membersihkan.

“Iya ini bikin sumur cublik, dalamnya seputar satu mtr.. Alhamdulillah dapat digunakan nyuci serta mandi. Jika untuk masak serta minum beli air isi lagi,” sebut Kasiyan, masyarakat Kedung Wetan. Senin ( 28/10/2019).

Sumur cublik memperoleh serapan air dari sawah ataupun Bengawan Solo. Walau airnya berwarna kekuningan, banyak masyarakat yang memakainya.

Sumur-sumur cublik bakal ramai dipakai masyarakat waktu sore dan pagi hari. Dengan berganti-gantian mereka menimba air untuk dibawa pulang ke rumah.

Diluar itu, masyarakat berusaha untuk memperoleh air bersih dengan lakukan pengeboran lagi sumur bor. Serta terdapat yang melakukan modifikasi pompa agar dapat mengisap air makin banyak.