Home / Berita Umum / Kemenhub Remiskan Pengoperasian KMP Lakaan

Kemenhub Remiskan Pengoperasian KMP Lakaan

Kemenhub Remiskan Pengoperasian KMP Lakaan – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan resmikan pengoperasian KMP Lakaan, kapal penyeberangan penumpang Roro 750 GT lintas Kupang – Pulau Rote – Ndao.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyongsong baik pengoperasian kapal yang melayani lintasan di Timur Indonesia ini.

” Pembangunan KMP Lakaan adalah pengejawantahan program pemerintah sesuai sama Nawacita ke-tiga yakni untuk bangun Indonesia dari pinggir dengan menguatkan beberapa daerah dalam kerangka negara kesatuan, ” kata Budi Karya dalam info tercatat, Kamis (11/5/2017)

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto, juga menyampaikan pengoperasian KMP Lakaan ini untuk tingkatkan layanan transportasi penyebrangan pada orang-orang di lokasi Indonesia Timur, terutama NTT.

Menurut dia, pengembangan transportasi penyeberangan diarahkan sebagai pembuka isolasi serta mendorong aktivitas ekonomi, dan dengan cara bertahap perannya bakal sama-sama mensupport dengan transportasi jalan.

” KMP Lakaan 750 GT ini di bangun dengan dana APBN lewat skema kontrak th. jamak (multi years contract) th. 2015 sampai 2016, ” terang Pudji Hartanto.

Kapal ini di bangun di galangan kapal PT. Industri Kapal Indonesia (PT. IKI Persero), Makassar dengan keseluruhan investasi Rp 34, 9 miliar.

KMP Lakaan akan dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang melayani lintas Kupang (Bolok) – Pantai Baru (Rote) serta Pantai Baru (Rote) – Ndao.

” Untuk lintas Rote – Ndao karna adalah lintas perintis, jadi bakal ada subsidi aturan dari pemerintah, ” terangnya

Dengan beroperasinya KMP Lakaan, jadi kapal penyeberangan yang beroperasi di NTT sudah meraih 11 kapal. Yakni 3 kapal dioperasikan oleh Pemda lewat BUMD Flobamor serta 8 kapal dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), dengan perincian 6 kapal melayani lintas perintis serta 2 kapal melayani lintas komersial

About admin