Home / Berita Umum / Pemindahan Ibukota Akan Berimbas Di Bidang Properti

Pemindahan Ibukota Akan Berimbas Di Bidang Properti

Pemindahan Ibukota Akan Berimbas Di Bidang Properti – Pemerintah bakal memindahkan ibu kota sekalian pusat pemerintahan ke luar Jawa, sedang pusat perekonomian tetaplah di Jakarta. Untuk bidang property, gagasan perpindahan ibu kota ini menyebabkan akibat positif.

” Semakin bagus seperti itu (dipisahkan). Artinya kelak saat ibu kota dipindahkan ke luar Jakarta, artinya kan penambahan perubahan pasar property itu bakal beralih ke kota baru tadi, umpamanya Palangka Raya yang didengungkan, ” tutur Direktur Eksekutif Indonesia Properti Watch (IPW), Ali Tranghanda, waktu didapati di Menara BTN, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Pembelahan ini bakal untungkan Jakarta sebagai pusat perekonomian, lantaran kesibukan usaha tidak terganggu permasalahan politik serta pemerintahan. Sedang untuk ibu kota baru bakal jadi satu sumber perkembangan ekonomi baru untuk Indonesia.

” Sama dengan New York serta Washington, ke-2 kota semasing lain karakternya. Jakarta sebagai pusat usaha sendiri saja, jadi semakin bagus seperti itu. Janganlah ini kota pemerintahan, kota politik, kota usaha, campur aduk semuanya di Jakarta. Jadi tidak konsentrasi bisnisnya. Namun saat Jakarta cuma jadi kota usaha, itu semakin lebih bagus, lantaran dia tak dipengaruhi oleh tensi politik, seperti demo serta semua jenis, ” katanya.

” Jadi kelak yang diuntungkan itu Jakarta serta Palangka Raya. Jakarta lebih tentu, bisnisnya lebih konsentrasi, jadi tidak campur aduk. Bila Palangka Raya, jadi ibu kota yang baru, itu bakal tingkatkan ekonomi lokasi, bahkan juga bakal mengagumkan. Termasuk juga property di Palangka Raya juga, ” imbuhnya.

Sekarang ini kajian perpindahan ibu kota tengah dikerjakan Tubuh Rencana Pembangunan Nasional (Bappenas). Menurut Menteri Rencana Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, pemerintah serius untuk wujudkan gagasan ini.

” Ini lebih serius, maka dari itu kajiannya diawali. Political will-nya dari Pak Presiden juga kuat. Namun perpindahan ibu kota tak dapat seperti geser tempat tinggal. Mesti dihitung, dikaji dengan cara masak, ” papar Bambang di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

About admin