Home / Berita Umum / Ribuan Orang Kehilangan Rumah Akibat Terjangan Banjir Parah di Korut

Ribuan Orang Kehilangan Rumah Akibat Terjangan Banjir Parah di Korut

Ribuan Orang Kehilangan Rumah Akibat Terjangan Banjir Parah di Korut – Setidaknya 76 orang gara-gara banjir kritis yg menerjang Korea Utara (Korut), minggu ini. Lebih kurang 75 orang yang lain, yg biasanya anak-anak, dilaporkan hilang gara-gara terjangan banjir itu.

Jumat (7/9/2018), beberapa ribu orang mesti kehilangan hunian sehabis hujan lebat yg senantiasa mengguyur mengakibatkan banjir serta tanah longsor. Lebih dari 800 bangunan termasuk juga rumah penduduk, klinik serta sekolah di Propinsi Hwanghae Utara serta Selatan ambruk gara-gara banjir serta longsor.

Laporan itu diungkapkan oleh Federasi Palang Merah Internasional serta Populasi Bulan Sabit Merah (IFRC) cabang Korut.

” Beberapa ribu orang kehilangan rumah serta dengan cara mendorong butuh pelayanan kesehatan, tempat penampungan, makanan, air minum yg aman serta sanitasi, ” ujar John Flemming dari IFRC Korut dalam pengakuannya.

” Dengan musim dingin bakal lekas ada, kami juga mengkuatirkan kalau bencana ini bakal menambah kemungkinan problem kesehatan serta kelangkaan makanan buat beberapa warga, ” ujarnya.

Lokasi Korut yg diselimuti kemiskinan sangatlah ringkih pada bencana alam. Bencana banjir sekian kali menerjang Korut. Satu diantaranya yg menerjang Propinsi Hamgyong Utara tahun 2016 terus menewaskan lebih dari 130 orang. Banjir kala itu juga merobohkan banyak gedung serta bikin beberapa ratus ribu orang kekurangan pasokan makanan serta penampungan.

Sejumlah besar lokasi Korut terdiri dalam pegunungan serta perbukitan, yg sudah lama digali buat mencari bahan bakar atau di alih-fungsi berubah menjadi petak-petak sawah yg bersifat terasering. Hal semacam itu bikin air hujan langsung mengalir ke dataran rendah tidak ada penyaring.

Rentetan banjir serta kekeringan separuhnya bertanggung-jawab atas bencana kelaparan yg menewaskan beberapa ratus ribu orang di Korut pada tahun 1994-1998 waktu lalu. Keadaan bertambah tambah buruk oleh karena ada kekeliruan pengelolaan ekonomi serta hilangnya support Uni Soviet buat Korut.

About admin