Home / Internasional / Sejumlah 120. 000 kendaraan Di Prediksi Lewati gerbang Tol Ini

Sejumlah 120. 000 kendaraan Di Prediksi Lewati gerbang Tol Ini

Sejumlah 120. 000 kendaraan Di Prediksi Lewati gerbang Tol Ini – Puncak arus mudik Lebaran 2017 diprediksikan berlangsung malam hari ini. Sejumlah 120. 000 kendaraan diprediksikan melalui Gerbang Tol Cikarang Paling utama malam hari ini.

Sebelumnya, 116. 000 lebih kendaraan meninggalkan Jakarta lewat Gerbang Tol (GT) Cikarang Paling utama (Cikarut) pada Rabu (22/6) tempo hari. Jumlah ini alami penambahan sebesar 49% dari jalan raya Harian Rata-Rata (LHR) Normal sejumlah 77 ribu kendaraan.

” 120. 000 kendaraan, tempo hari telah 116. 000 kendaraan, ” papar Direktur Paling utama Layanan Marga Desi Arryani dalam Diskusi Media Lembaga Merdeka Barat 9 dengan judul Mudik Bareng Guyub Rukun di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2017) .

Puncak arus mudik Lebaran 2017 yang diprediksikan berlangsung malam hari ini sejalan dimulainya cuti dengan besok serta libur Lebaran. Diluar itu, saat mudik malam hari biasanya disenangi orang-orang Indonesia di bln. Ramadan waktu ini.

” Nampaknya malam hari ini bila kita kan tahu kurang lebih orang pulang kantor jam 3, sesudah buka atau mungkin saja sesudah tarawih. Orang lebih gemar jalan malam, ” kata Desi.

Untuk menyikapi kepadatan di pintu tol Cikarang Paling utama, Layanan Marga menaikkan gardu tol jadi 20 dari mulanya 13 ke arah Cikampek.

Namun, Desi mengungkap keadaan jalan raya di ruas tol Jakarta-Cikampek waktu ini masih tetap terpantau lancar. Layanan Marga juga menempatkan sensor spesial utk memonitor kepadatan jalan raya hingga bisa selekasnya di jabarkan.

” Hingga waktu ini keadaannya lancar, lalu di jalannya sendiri gunakan sensor segera connect kepadatannya di KM 66. Jadi bila kita segera berikan ada rekayasa jalan raya dikomandani polisi, ” papar Desi.

Pemudik diimbau bayar gunakan duit elektronik

Layanan Marga juga mengimbau pada beberapa pemudik utk memakai duit elektronik utk melaksanakan transaksi pembayaran di gardu tol. Pembayaran tol memakai duit elektronik dimaksud dapat kurangi saat transaksi kendaraan di gardu tol.

” Kita tengah mulai pergerakan non tunai, dengan duit elektronik transaksi keuangan di gerbang tol cuma separuh dari manual dan dapat membuat lancar jalan raya, ” kata Desi.

Diluar itu, Layanan Marga juga memberi potongan harga tarif tol sebesar 20% di 15 ruas dipilih utk seluruh kelompok yang memakai kartu duit elektronik (e-payment) waktu bertransaksi. Sedang PT LMS, MMS serta MHI memberi potongan harga 10% utk semasing ruas kelolaannya.

Potongan harga tarif tol ini mulai berlaku hari ini (22 Juni/H-3 Lebaran) sampai H+2 Lebaran (26 Juni 2017) , serta kembali juga akan diaplikasikan pada H+4 (30 Juni) s/d H+6 Lebaran (2 Juli 2017) .

” Kita kasih potongan harga 20% tetapi cuma gunakan e-toll. Kalau manual gak gunakan potongan harga agar mendorong orang-orang memakai duit elektronik, ” kata Desi.

Desi memberikan, orang-orang yang memakai duit elektronik dalam transaksi di gardu tol waktu ini masih tetap sedikit, yakni baru 28% dari keseluruhan transaksi. Walau sebenarnya infrastruktur pendukung utk transaksi non tunai telah ada di semua ruas tol Layanan Marga.

” Penggunaan e-toll 28%, walau sebenarnya alat 100% telah dapat, ” papar Desi. (dna/dna)

About admin