Home / Berita Umum / Team Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Minta Team BPN Tidal Sombong Dalam Masalah Bahasa Inggris

Team Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Minta Team BPN Tidal Sombong Dalam Masalah Bahasa Inggris

Team Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Minta Team BPN Tidal Sombong Dalam Masalah Bahasa Inggris – Tubuh Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menuding bahasa Inggris calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) tidak jelas waktu menyebutkan ‘unicorn’ pada debat ke-2 Pemilihan presiden 2019. Team Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf minta team BPN tidak sombong masalah bahasa Inggris.

“Tidak perlu sok-sokan-lah, Pak Jokowi itu dahulu bisnisnya itu ke Eropa. Ia export ke Eropa. Pasti bicara dengan orang Eropa itu kan gunakan bahasa Inggris, serta tidak mungkin ia tidak dapat bahasa Inggris. Komunikasinya bagus gunakan bahasa Inggris,” tutur jubir TKN Jokowi-Ma’ruf, Irma Suryani Chaniago, waktu diminta konfirmasi, Selasa (19/2/2019).

Menurut Irma, lafal seorang dalam mengatakan bahasa Inggris tidak dapat persis sama dengan lafal yang disampaikan orang Inggris. Lebih, bahasa Inggris, disebutkan Irma, bukan bahasa asli penduduk Indonesia.

Coba pikirkan beberapa orang India bahasa Inggris seperti apakah, orang China pun bahasa Inggris (berbeda persis pengucapannya), orang Jepang pun bahasa Inggris aneh, apa itu lalu jadikan orang itu terlihat bodoh? Tidak, mereka saja (yang masukan bahasa Inggris Jokowi) yang kampungan,” tuturnya.

“Memangnya mereka fikir jika bahasa Inggrisnya lafalnya telah benar, selalu mereka telah pandai? Tidak perlu sombong, bahasa Inggris itu bukan bahasa ibu kita, jadi tidak ada satu juga kalimat salah dari bahasa Inggris yang dijelaskan Pak Jokowi tempo hari,” lanjut Irma.

Juru Debat Tubuh Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Riza Patria, awal mulanya menyebutkan Prabowo menanyakan lagi ke Jokowi sebab ingin pastikan yang disebut Jokowi apa unicon atau unicorn. Karena, katanya, pelafalan unicorn oleh Jokowi hampir serupa dengan unicon. Irma juga menyerang balik pengakuan Riza itu.

“Itu sebab kupingnya saja yang tidak beres, kupingnya Riza Patria yang tidak beres, bukan Pak Jokowi yang omongnya tidak beres. Jadi debat bahasa Inggris tadi malam itu bahasa Inggrisnya Pak Jokowi bagus, tidak ada permasalahan itu. Yang sangat terpenting itu jika Pak Prabowo itu tidak tahu apakah itu unicorn,” papar Irma.

Awal mulanya dikabarkan, Riza menuding pelafalan Jokowi dalam menyebutkan kata unicorn tidak jelas terdengar.

“Tidak jelas itu pertanyaan. Pak Jokowi lupa, Pak Prabowo itu pandai bahasa Inggris, Jerman, Prancis. Sesaat Pak Jokowi bahasa Inggris saja masih tetap belepotan. Pak Jokowi tidak clear nyebut-nya,” kata Riza, Senin (18/2).

About admin