Tidak Kuat Menahan Volume Air, Tangkis Sungai di Jember Jebol

Agen Casino

Tidak Kuat Menahan Volume Air, Tangkis Sungai di Jember Jebol – Tingginya curah hujan semenjak Sabtu (22/12) sore sampai malam mengakibatkan debet air Sungai Tanggul meluap serta menyebabkan Tangkis Ponjen jebol.

Tangkis yang terdapat di Dusun Kedunglangkap, Desa Kraton, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember itu dilaporkan jebol seputar jam 04.30 WIB, Minggu (23/12/2018).

Tangkis penahan yang ada disamping samping timur Sungai Tanggul itu jebol selama 20 mtr. karena tidak kuat meredam volume air. Karena perihal ini, beberapa puluh rumah masyarakat yang tidak jauh dari tangkis terendam banjir dengan rata-rata kedalaman sampai 5 mtr..

“Sebab ketakutan, masyarakat mengungsi ke tempat aman mencari tempat tinggi, dengan membawa beberapa ratus ternak kambing, sapi, serta ayam, ikut padi,” tutur salah seseorang masyarakat Rio, pada wartawan.

Walau demikian, menurut Rio, ada pula beberapa masyarakat yang masih tetap bertahan di rumah sebab takut harta bendanya dijarah.

“Bilangnya sich cemas dicolong (curi, red) sebab tidak ada yang jagalah,” sambungnya.

Rio mengakui pertanda jebolnya tangkis telah tampak semenjak Sabtu malam. “Pertanda jebol awal mulanya ada semenjak tadi malam. Merembes begitu airnya. Tahunya waktu bersama dengan masyarakat mengecheck kondisinya,” ujarnya.

Selain itu, Kapolsek Kencong AKP Saidi mengemukakan, dengan peristiwa jebolnya tanggul itu, pihaknya dengan muspika ditempat serta TNI dan TRC BPBD Jember bekerjasama untuk lakukan proses pengungsian.

“Kami ikut menyarankan masyarakat yang menyimpan gambar jebolnya tanggul itu untuk lebih menjauh sebab begitu beresiko. Cemas jebolnya makin bertambah,” pungkasnya.